Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

RSS

Pages

Post Icon

Rakhitis



RAKHITIS

A.     Pengertian
·        Rakhitis adalah pelunakan tulang pada anak-anak berpotensi menyebabkan patah tulang dan kelainan bentuk. Rakhitis adalah salah satu penyakit anak yang paling sering di banyak negara berkembang.
·        Rakhitis adalah pelunakan dan melemahnya tulang pada anak-anak, biasanya karena kekurangan vitamin D yang ekstrim dan berkepanjangan. Vitamin D sangat penting dalam penyerapan kalsium dan fosfor dari saluran pencernaan, yang dibutuhkan anak untuk membangun tulang yang kuat. Kekurangan vitamin D membuat sulit untuk mempertahankan dengan tepat tingkat kalsium dan fosfor pada tulang.
·        Asal dari "kata" rakhitis mungkin dari dialek kata 'wrickken' Lama bahasa Inggris, untuk memutar. Kecenderungan "Yunani kata" rachitis (berarti "peradangan tulang belakang") kemudian diadopsi sebagai istilah ilmiah untuk rakhitis.

B.     Penyebab
Penyebab dominan adalah vitamin D kekurangan, tetapi kekurangan kalsium yang cukup dalam makanan juga dapat menyebabkan rakhitis. Meskipun dapat terjadi pada orang dewasa, sebagian besar kasus terjadi pada anak-anak menderita gizi buruk, biasanya akibat dari kelaparan. Hal ini juga dapat disebabkan paparan sinar matahari cukup.

C.     Gejala
Kekurangan vitamin D dimulai perlahan-lahan sebelum tanda-tanda fisik dan gejala rakhitis muncul. Ketika tanda-tanda dan gejala rakhitis berkembang, tanda itu mencakup:
1.      Kerangka cacat
Ini termasuk kaki bengkok, lengkungan abnormal pada tulang belakang, panggul dan tulang dada.
2.      Tulang rapuh tulang
Anak-anak rakhitis lebih rentan terhadap patah tulang.
3.      Gangguan pertumbuhan
Pertumbuhan tertunda akibat rakhitis.
4.      Masalah gigi
Termasuk cacat pada struktur gigi, peningkatan kesempatan rongga, miskin dan menunda pembentukan enamel gigi.
5.      Nyeri tulang
Mencakup nyeri di tulang belakang, panggul dan kaki.
6.      Kelemahan otot
Penurunan otot dapat membuat gerakan tidak nyaman.

D.    Pencegahan
Pencegahan sangat penting dalam mencegah gangguan ini pada anak-anak kita dan diri kita sendiri, dan makanan yang merupakan hal penting, karena kita memberikan dosis tubuh tinggi vitamin, kalsium D dan fosfor yang dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan  produk susu biru (tuna dan salmon khususnya), dan turunannya, sereal, buah-buahan… kaya di tiga nutrisi yang kita tidak boleh mengabaikan diet seimbang.
Sementara itu harus benar terkena cahaya alami bagi tubuh untuk melakukan penyerapan yang tepat vitamin D.  Dengan sepuluh menit sehari sudah cukup, jadi keluar sangat penting untuk benar menyerap vitamin D dan dengan itu kalsium dan fosfor.  Memang benar bahwa ada masalah ginjal yang mencegah penyerapan tepat vitamin D.  Dalam kasus ini adalah perlu bahwa mereka yang terkena dampak diperlakukan dan dipantau oleh para profesional, karena mereka pasti harus mengambil suplemen untuk mempertahankan tingkat yang tepat dari kalsium dan fosfor, dan dengan demikian mencegah melemahnya tulang.

E.     Perawatan
Tujuan pengobatan untuk rakhitis adalah untuk mengatasi gangguan yang mendasari. Jika kekurangan vitamin D, dokter mungkin akan meresepkan suplemen vitamin D atau meminta untuk meningkatkan asupan vitamin D diperkaya makanan, termasuk sarapan bersereal, jus jeruk, ikan dan susu olahan.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar